Baca Nih..!! Sebelum Mendaftar Pasien Rawat Jalan RS Hasan Sadikin Bandung

Tips Sebelum Mendaftar Pasien Rawat Jalan RSUP Hasan Sadikin Bandung Jawa Barat - Siapa yang tidak kenal dengan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Hasan Sadikin Bandung? Aku rasa bagi anda yang pernah menderita sakit berat pasti tahu betul dengan RSHS ini. Karena memang menjadi RS rujukan Nasional, bukan saja di Jawa Barat. Terletak di Jl. Pasteur No. 38 Bandung Jawa Barat. Lokasinya sangat strategis di tengah kota Bandung, dekat dengan jembatan layang pasupati sehingga mudah di akses dengan kendaraan roda 4 ataupun roda 2.


Suasana R. Anggrek RSHS Pukul 07.30

Tips Sebelum Mendaftar Pasien Rawat Jalan RSHS 

Nah disini saya akan berbagi pengalaman ketika mendaftarkan kakak saya di sebagai pasien JKN rawat jalan yang sebelumnya mendapatkan rujukan dari Rumah Sakit Al-Islam Jl Soekarno Hatta Bandung. Jika anda pasien baru pertama kali akan ke RS Hasan Sadikin, jangan harap bia mendapatkan pelayanan di awal pagi hari ketika jam kerja baru di mulai.

Untuk mendapatkan nomor antrian pendaftaran pertama kali, anda harus datang pagi pagi sebelum sholat subuh, Sholat subuh disana saja, ada mushola. Sekitar pukul 4 pagi anda harus sudah standbay bersama pengantri lainnya. Kalau sekitar subuh ini anda akan mendapatkan nomor antrian sekitar 600 s/d 700 bahkan ada yang dapat antrian nomor 800an.

Kok bisa segitu banyaknya? yah.. anda kalah dengan mereka yang sudah daftar online (nanti diakhir tulisan ini akan saya kasih tau caranya aftar online dengan mudah). Jika antrian nomor anda sekitar 700 - 800 maka mendapatkan panggilannya sekitar pukul 10.00 s/d 11.00. Jadi sebaiknya jangan bawa dahulu pasiennya, kasihan. Nanti saja agak siang baru suruh antar saudara pasien ke RSHS, sementara anda menunggu atrian.

Sebagai perkiraan saja ini, Nomor antrian yang dipanggil di ruang Anggrek dalam 1 jam ada sekitar 200 nomor yang di panggil, silahkan lihat nomor anda dan jam saat ini sehingga bisa di perkirakan jam berapa anda di panggil nanti. Ketika anda di panggil pastikan ada di tempat, karena jika terlewat 20 nomor terpaksa balik dari awal lagi mengantri, rugi waktu anda kalau sudah begini.


Alur Pendaftaran Pasien RSHS (klik untuk perbesar)
Penting..!!
Untuk pendaftaran pasien Umum (bukan Bpjs) anda tidak perlu datang pagi pagi ketika subuh, datang saja jam kerja normal, soalnya antrianya sedikit kok. Kalau saya bandingkan pasien umum 100 maka pasien Bpjs Kesehatan itu 800 dan pastinya terpisah.

Pastikan anda bawa KTP pasien, kartu/nomor Bpjs Kesehatan dan Surat rujukan dari rumah sakit/Puskesmas sebelumnya, Termasuk rujukan dari Bpjs Kesehatan dari Rumah sakit sebelumya. Jadai ada 4 yaitu :
  • KTP pasien
  • Kartu Bpjs Ksehatan
  • Surat Rujukan RS sebelumnya
  • Surat Rujukan Bpjs Kes RS sebelumnya
Jam Istirahat RSHS
Pukul 11.30 RSHS istirahat, ada juga bagian lain pukul 12.00 baru istrirahat. Maka dokter poliklinik yang anda tuju dan bagian labolatorium juga istirahat semua. Aktifitas akan normal kembali pada pukul 01.00. Perlu saya ingatkan disini, ruang pendaftaran pasien rawat jalan terletak di Ruang Anggrek, anda bisa tanyakan ke satpam.

Itu tadi tentang pendaftaran pasien rawat jalan di Ruang Anggrek, kemudian setelah mendapatkan beberapa lembar kertas berkas dari ruang pendaftaran anda akan langsung menuju ke bagian poliklinik yang anda tuju sesuai penyakit yang pasien derita.

Didepan poliklinik ini anda masih mengantri lama, pasien sebaiknya menggunakan kursi roda atau ranjang yang di dorong saja agar bisa tidur tiduran. Bisa jadi di antrian poliklinik ini waktu telah habis jika sudah pukul 15.00 dan aktifitas pemeriksaan disambung besok lagi, biasanya akan di kasih saran agar besok langsung ke bagian poliklinik.

Yang kasihan pasiennya, sudah di bawa bawa ternyata pemeriksaannya besok lagi. Disinilah biasanya penyebab pasien kelelahan dan membuat penyakitnya makin parah. Yah.. sabar saja, bukan hanya anda saja banyak pasien lain juga begitu, karena banyaknya pasien yang dirujuk di RSHS ini ada yang dari Fatmawati dan RSCM juga di bawa kesini, bahkan provinsi Jateng, Jatim, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi juga di rujuk ke sini.


Cara Pendaftaran Pasien Rawat Jalan RS Hasan Sadikin Online
Pada awal tulisan saya tadi menyinggung tentang pendaftaran pasien rawat jalan Online, disinilah kemudahan yang di berikan oleh RSHS, syaratnya anda sudah memiliki Nomor Rekamedik yang didapat setelah pemeriksaan pertama tadi, biasanya tertulis pada sebuah kertas kecil (semecam kartu pasien) bertulikan No. R.M : ....... ....


Jika anda memiliki smartphone android akan lebih baik menginstal aplikasi RSHS Go Mobile di Google Play
Atau bisa juga mengunjungi situs resminya di http://reservasi.rshs.or.id/ 
Informasi selengkapnya dapat menghubungi nomor : 022 - 255 1111
Cara Pendaftaran: 

  • Masukan No.Rekam Medik & Tanggal lahir sesuai dengan yang tertera di KIP (Kartu Indentitas Pasien) yang diterima ketika mendaftar
  • Maka secara otomatis akan terdeteksi nama pasien, pasien JKN jika anda termasuk Bpjs dan bagian poliklinik
  • Akan ada SMS masuk yang merupakan nomor antrian anda, datanglah sebulum 30 menit sebagaimana jam yang ditentukan, SMS jangan di hapus hingga hari H.
  • Ketika mendapat panggilan tunjukkan saja SMS notifikasinya, ingat SMS tidak boleh di pindahkan, nanti akan di cek nomor center pengirim, ketahuan kalau di pindahkan, dan pastinya tidak sah.
Pendaftaran online ini di utamakan, jika anda sudah punya nomor rekamedik. Sebaiknya seminggu sebelumya sudah mendaftar, pengalaman saya 7 hari mendaftar sudah mendapatkan nomor antrian ke-290, jangan heran. Batas pendaftaran online adalah 2 hari sebelum hari H, Sebaiknya hindari Percalo'an.
Oke sahabat semua, itulah tips dari saya sebelum mendaftarkan pasien rawat jalan di RSUP Hasan Sadikin Bandung Jawa Barat berdasarkan pengalaman pribadi
Advertisement
Baca Nih..!! Sebelum Mendaftar Pasien Rawat Jalan RS Hasan Sadikin Bandung


Postingan Terbaru